Berwisata di Telaga Potorono – Yogyakarta dikenal memiliki ribuan destinasi wisata yang memikat mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, serta wisata alam. Wisata alam yang ada di Jogja antara lain berupa wisata hutan pinus, pantai,  dan pegunungan.

Beberapa wisata telaga yang kini mulai banyak dikembangkan ialah wisata buatan sepeti telaga atau embung buatan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik. Embung sendiri adalah bangunan berbentuk cekung yang memiliki fungsi untuk menampung air hujan yang bisa digunakan untuk menyuplai air tawar. Beberapa embung yang saat ini mulai dikenal seperti Embung Batara Sriten di Gunungkidul dan Wisata Telaga Potorono ini. Destinasi wisata embung ini berlokasi di Dusun Salakan, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Foto : kec-banguntapan.bantulkab.go.id

Daya Tarik Embung Potorono

Embung potorono adalah telaga lonjong yang berupa kolam untuk membentuk sungai. Pada sore hari pemandangan di telaga ini sangat indah nan eksotis. Embung yang dibangun di sebuah lahan Wanadesa dengan luas 30 ribu meter persegi, Embung Potorono ini memiliki luas kurang lebih 4.800 meter persegi.

Di sekeliling area Telaga Potorono ini terdapat jalanan beraspal dengan lebar satu meter yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai, bersepeda, untuk jogging, rekreasi atau bahkan sekadar berfoto dengan pemandangan yang menawan.

Di bagian barat telaga Anda bisa menyaksikan panorama senja yang sangat indah. Sembari mengikuti matahari yang perlahan bergerak dari ufuk timur ke barat. Selain itu akan Nampak fatamorgana yang terbentuk di permukaan embung dapat menjadi daya tarik tujuan wisata itu sendiri. Anda bisa menikmati panorama ini dengan duduk di salah satu tepi embung, di sana sudah ada beberapa kursi kayu yang berderet rapi.

Wahana dan Fasilitas di Embung Potorono

Di salah satu sisi telaga pun terdapat sebuah istana balon yang berdiri tegak. Istana balon ini seringkali ramai dengan pengunjung, khususnya anak kecil bersama dengan mereka.

Selain itu, tak lupa tempat wisata ini juga dipenuhi aneka kuliner yang bisa Anda sekeluarga cicipi, mulai dari kuliner berupa bakso, mie ayam, burger, hingga beberapa jenis makanan berat lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa kelompok pemancing juga biasa menggunakan salah satu tempat di sudut embung untuk melakukan kegiatan memancing. Selain ikan yang bisa dipancing, di telaga ini Anda juga bisa memberi makan berbagai jenis ikan yang dipelihara di telaga tersebut tanpa perlu pakan ikan dari rumah.

Bagi Anda yang gemar memberi makan ikan, di tempat wisata telaga yang dibangun oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta, sejak tahun 2017 ini Anda juga bisa membeli pakan ikan dengan harga yang bervariasi.

Dibandrol dengan harga mulai seribu rupiah untuk ukuran plastik kecil serta dua ribu rupiah dengan plastik besar. Jika Anda pandai tawar menawar, Anda bisa menawar enam plastik kecil dengan harga lima ribu dan tiga plastik besar untuk ukuran yang sedikit lebih besar dengan harga yang sama.

Tidak hanya untuk memberi pakan ikan, di embung Potorono ini Anda bisa menyusuri telaga Potorono dengan sebuah kano yang sudah tersedia di sana. Anda bisa menyewa kano yang dibandrol dengan harga yang bervariasi agar bisa menikmati keseruan mengitari embung Potoron dengan mengayuh sebuah kano.

Untuk mengelilingi Wisata Telaga Potorono selama 15 menit dengan tiga kali putaran, Anda bisa membayar kocek sebesar Rp15.000. Sementara itu, sebuah kano dengan kapasitas empat orang berbentuk perahu Rp30.000 dengan satu kali berputar mengitari telaga sejauh kurang lebih 200 meter. Sedangkan untuk perahu berukuran naga Anda bisa menyewanya dengan harga Rp20.000.

Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati di tempat ini juga terdapat toilet portable di beberapa sisi telaga, area parker yang bisa memuat cukup banyak kendaraan roda empat maupun roda dua. Beberapa gazebo kayu juga melengkapi keindahan telaga di Potorono ini. menariknya Anda pun tidak perlu membayar tiket ataupun uang masuk di tempat wisata ini.

Dari pusat kota Joga Anda bisa mengambil rute dari Kota Gede menuju ke arah timur menyeberangi ring road timur dan lurus lagi ke timur sekitar 2 km. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Wisata Telaga Potorono ini?

By Published On: Sabtu, 20 November 2021Views: 3403

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!