Serunya berlibur ke silancur highland, magelang Magelang memiliki banyak sekali kawasan wisata, salah satunya adalah yang berada di lereng bagian Tenggara dari Gunung Sumbing. Tempat wisata ini bernama Silancur, dimana panorama alam yang ditawarkan sangatlah indah. Objek wisata Silancur ini terletak di Dusun Dadapan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Selain memiliki Nepal Van Java, ternyata Kaliangkrik juga memiliki destinasi unggulan seperti halnya Silancur ini. Tentunya ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Silancur ini.

Foto : travelspromo.com

Foto : dolanyok.com

Silancur Highland

Silancur Highland merupakan sebuah bukit yang mana memiliki beberapa atraksi wisata yang sangat menarik. Disini juga terdapat taman bunga serta spot foto instagramable yang berlatar belakangkan pegunungan yang sangat indah.

Rute Perjalanan

Jika Anda merupakan wisatawan yang datang dari arah Magelang, maka Anda pun bisa memulai perjalanan dari alun-alun. Setelah itu, Anda bisa mengambil rute ke arah Barat untuk menuju ke Kecamatan Bandongan. Tepatnya adalah menuju ke Pasar Bandongan yang berada di Simpang Jalan Raya Bandongan.

Nah, dari arah Pasar Bandongan tersebut perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan mengambil arah lurus ke Barat hingga mencapai sebuah pertigaan. Ambil saja jalan lurus hingga melalui Bandongan menuju Mangli.

Setelah itu, lurus saja untuk mengikuti jalan hingga sampai ke Desa Mangli dan Silancur Highland ini.

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan dari lokasi wisata Silancur ini, pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Namun tenang saja, harga tiket masuk yang dibebankan sangatlah murah jika dibandingkan dengan panorama yang disuguhkan.

Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni hanya 10 ribu rupiah saja untuk per orangnya. Jika Anda berkeinginan untuk berkemah atau bermalam di Sialncur ini, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan yang harus dibayarkan.

Untuk tiket parkirnya juga sangat terjangkau dan sama dengan tiket parkir kendaraan pada umumnya. Tentunya harga tersebut tidak akan membuat kantung Anda jebol meskipun mengajak keluarga besar untuk turut serta berlibur ke Silancur ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Silancur

Keindahan yang ditawarkan oleh Silancur Highland ini tentunya akan memanjakan para pengunjung untuk sekedar berfoto. Hal ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh para pengunjung ketika sedang mengunjungi suatu tempat baru.

Namun, selain berfoto tentu saja ada aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Silancur ini, yakni berkemah atau camping. Hal jni dikarenakan Silancur memiliki area camping ground yang cukup luas, sehingga para pengunjung pun bisa bebas menikmati gemerlap lampu dari Kabupaten Magelang dari ketinggian.

Selain itu, Anda juga bisa berpiknik di Silancur ini. Jika memang Anda memiliki waktu luang yang lebih, cobalah untuk menikmati indahnya menginap di Gardu Pandang Silancur untuk menghabiskan waktu berlibur dengan bersantai disana.

Jangan lupa juga untuk membawa keluarga besar dan perbekalan piknik sehingga bisa disantap beramai-ramai sembari menikmati indahnya pemandangan dari Silancur Highland ini. Jika Anda tidak membawa segala persiapan tersebut, maka tidak perlu khawatir karena di are sekitaran Silancur juga disediakan area wisata kuliner yang bisa Anda coba sesuka selera.

Tips Berkunjung ke Silancur

Jika memang Anda memutuskan untuk berkunjung ke Silancur, maka ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan dengan baik-baik. Hal ini dilakukan agar perjalanan Anda tetap aman, nyaman, dan tidak mengurangi keseruan dalam berlibur ke Silancur ini.

Salah satu tips yang perlu Anda perhatikan adalah datanglah di pagi hari atau di waktu cuaca sedang cerah. Hal ini dilakukan karena keindahan panorama dari Silancur ini akan sangat mencuat seiring dengan berpendarnya matahari pagi.

Kombinasi pemandangan ini tentu akan selalu terkenang, baik melalui kamera maupun ingatan para pengunjungnya.

Selain itu, masih ada banyak sekali tips yang bisa Anda pahami dan pelajari sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Silancur ini. Mengingat lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing, maka hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kelayakan kendaraan yang akan Anda gunakan nantinya.

Jangan lupa untuk mengecek semua kelengkapan dan kelayakan kendaraan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Demikianlah penjelasan singkat terkait dengan Silancur Highland. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment