Liburan Seharian di Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit – Yogyakarta sebagai kota wisata yang selalu masuk ke dalam list liburan, pasalnya kota Jogja terkenal memiliki ribuan objek wisata yang tersebar di beberapa daerah. Tak hanya dikenal dengan destinasi wisata alam berupa pantai, kini Yogyakarta pun mulai populer.dengan wisata hutan pinus yang tak kalah menarik.

Setelah beberapa waktu lalu tepatnya pada tahun 2015 mulai populer beberapa tempat wisata antara lain Watu Goyang, Bukit Mojo Gumelan, Jurang Tembelan serta Hutan Pinus Asri. Kali ini juga ada spot wisata hutan pinus yang sedang hits di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Letak daerah Dlingo yang ada di wilayah pengunungan membuat kondisi geografis di tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satunya tujuan wisata Puncak Songgo Langit yang sudah dibuka sejak 2017 dan ramai diperbincangkan hingga kini.

Konsep hutan pinus di sekitar kawasan wisata tersebut mengambil tema hutan yang tematik dan saat ini pun menjadi bahan perbincangan para traveler maupun wisatawan. Seribu Batu Songgo Langit adalah nama dari hutan pinus di Yogyakarta yang saat ini marak dibicarakan di media sosial.

Foto : @aliftour

Foto : @@tnofiana

Daya Tarik Hutan Pinus Songgo Langit

Mengambil konsep yang berbeda dari hutan pinus pada umumnya, hutan pinus Songgo Langit membuat konsep yang anti mainstream serta menarik. Jika biasanya setiap hutan pinus selalu menyediakan rumah pohon maupun gardun pandang di dalamnya.

Maka berbeda dengan hutan pinus kali ini, Songgo Langit menyediakan fasilitas yang berbeda yaitu sebuah rumah hobbit yang tampak seperti rumah-rumah yang ada di Cideweuy Bandung dan Taman Kelinci Pujon Malang.

Sebelum menjadi destinasi wisata, di tempat ini dulunya memiliki ratusan bahkan sampai ribuan batu serta hutan pinus. Nama Songgo Langit berasal dari bahasa Jawa memiliki arti sebagai penyangga langit, hal ini karena di tempat ini ada sebuah bukit yang nampak seakan-akan menyerupai tiang yang berasal dari langit.

Selain itu di hutan pinus tersebut juga mempunyai spot foto dengan tema alam, sebagai tempat untuk melakukan kegiatan outdoor, tempat rekreasi serta Anda bisa merasakan menghabiskan malam di hutan pinus.

Anda pun tidak perlu khawatir karena fasilitas di hutan pinus tersebut cukup lengkap, mulai dari toilet, jeep wisata, aula, mushola, warung aneka kuliner, panggung alam, flying fox, camping ground serta spot foto menarik.

Akses Jalan Menuju Tempat Wisata Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi hutan pinus ini tidak jauh dari lokasi Kebun Buah Mangunan. Hutan pinus ini bertempat di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa memulai rute dari pusat kota Jogja langsung menuju ke arah Kebun Buah Mangunan.

Kemudian berjalan kea rah Terminal Giwangan, dari sana lurus ke arah Selatan menuju Jalan Imogiri Timur hingga Anda sapai di pasar Imogiri.

Selanjutnya berjalan ke arah Makam Raja Imogiri, sebelum sampai di kawasan makam raja tersebut, Anda akan menemukan pertigaan. Kemudian mengarah ke kanan menuju ke Kebun Buah Mangunan. Dari sana Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah sekitar 500 meter sampai ke hutan pinus Songgo Langit.

Spot Foto Yang Photogenic

  1. Rumah Seribu Kayu

Spot foto yang satu ini selalu menjadi favorit pada travele maupun pengunjung yang bertandang ke Puncak Songgo Langit. Dengan latar belakang rumah kayu yang berderet rapi dapat dijadikan spot instagramable. Udara yang sejuk serta background yang estetik juga membuat pengujung betah disini.

  1. Rumah Hobbit

Nah salah satu spot terkenal di hutan pinus ini selain Rumah Seribu Kayu adalah Rumah Hobbit. Rumah yang dibuat semirip mungkin dengan film Hobbit di New Zealand lengkap dengan hiasan kurcaci serta hutan pinus menambah kesan di negeri dongeng.

  1. Panggung Alam

Panggung alam yang disediakan berupa kursi-kursi sederhana yang terbuat dari batang bohon untuk membuat kesan alami ditambah dengan panggung alam terbuka. Panggung alam tersebut biasa dijadikan tempat untuk atraksi maupun panggung seni.

  1. Taman Bunga Tumpah

Spot terkenal lainnya dari Seribu Batu Songgo Langit ialah Taman Bunga Tumpah. Bunga-bungan di taman ini diatur seakan bunga nampak tumpah dari potnya, disertai hiasan rumah mini dari kayu.

Itulah tadi daya tarik hutan pinus Seribu Batu Songgo Langit, semoga bisa menjadi panduan wisata Anda.

By Published On: Sabtu, 30 Oktober 2021Views: 2176

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!