Menikmati Spot Foto Instagramble di Plunyon Kalikuning – Yogyakarta sebagai salah satu kota pariwisata menyajikan banyak sekali objek wisata yang beragam. Mulai dari objek wisata alam sampai ke objek wisata khas modern bisa Anda temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Membahas mengenai Gunung Merapi, tidak lepas dari pembahasan tentang mendaki dan pendakian, namun di Kalikuning ini juga terdapat spot wisata yang keren atau instagramable seperti di kawasan lereng Gunung Merapi. Meskipun Gunung Merapi dikenal sebagai salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia, akan tetapi tidak menutup kemungkinan Anda bisa menemukan dan menjelajahi berbagai objek wisata.

Salah satu objek wisata di lereng Gunung Merapi yang terkenal yaitu Jembatan Kalikuning atau sering disebut sebagai Plunyon Kalikuning. Tujuan wisata yang terbilang baru ini menawarkan spot keren untuk bisa berfoto ditemani dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Sehingga tak heran jika objek wisata di Jojga ini kerap kali dijadikan tujuan wisata bagi para penyuka fotogarafi.

Foto : @mpringgo

Foto : duakakikuu.com

Pesona Menarik Destinasi Wisata Jembatan Kalikuning

Dulunya Wisata Jembatan Kalikuning ini merupakan objek wisata yang sangat populer setelah wisata kali Urang. Para wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat panorama aliran sungai yang mengalir dari atas tebing, menikmati kesejukan dari hutan pohon pinus, serta berfoto di jembatan kecil yang ada di Kalikuning.

Akan tetapi sejak terjadinya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010, kawasan yang berupa perbukitan ini mulai jarang dikunjungi dan terlupakan. Namun setelah beberapa tahun berlalu, kawasan ini mulai dibangun kembali dengan menambahkan beberapa fasilitas agar tempat ini kembali menjadi objek wisata seperti dahulu yang paling diminati.

Beberapa fasilitas terbaru serta spot menarik yang telah dibuat seperti tempat duduk nyaman sambil menikmati sejuknya hutan pinus, gazebo berbentuk rumah, spoot berbentuk sangkar serta tangga gantung yang terdapat di atas pohon pinus yang dapat memberikan nilai plus kepada tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi.

Spot Foto Instagramable

Selain bisa menyaksikan pemandangan alam yang asri serta menikmati udara segar dari hutan alami yang sangat berbeda jauh dengan udara di perkotaan, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable dan photogenic. Dengan latar belakang alam indah, para wisatawan maupun pengunjung dapat berfoto di salah satu spot terkenal di Plunyon Kalikuning yaitu hutan pinus.

Setelah terjadi erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, hutan pinus ini menjadi salah satu lokasi yang paling banyak terdampak dan rusak. Akan tetapi kini tempat tersebut telah diperbaiki dan diberi beberapa fasilitas menarik.

Canopy trail telah dipasang di antara pepohonan pinus sehingga membuat para pengunjung menjadikan tempat ini sebagai spot instagramable untuk berfoto. Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah dari atas canopy trail, mulai dari pemandangan sungai kecil dengan air yang segar dan deras, hutan lebat di sekitar kawasan Plunyon serta yang tak kalah menarik yaitu pemandangan Gunung Merapi.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan kerucut Gunung Merapi yang terlihat jelas di ujung jembatan kabel yang memiliki pagar berwarna kuning saat matahari bersinar dengan sangat cerah. Banyak warga setempat yang mengatakan bahwa sejak meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010, gunung tersebut sering tertutupi oleh awan. Jadi jika Anda berkesempatan melihat pemandangan langka itu, alangkah baiknya bila Anda mengabadikannya dengan kamera.

Rute Menuju Jembatan Kalikuning

Plunyon Kalikuning berlokasi di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kaliurang Timur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi tersebut dibutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak hingga 24 kilometer dari pusat kota Jogja langsung mengarah ke Jalan Kaliurang.

Dari Kaliurang, terus naik hingga belokan ke kiri ke arah Lavatour atau Umbulharjo, lalu belok kiri setelah sampai sekitar 100 meter dari pos tersebut. Kemudian Anda akan menemukan pertigaan dengan pohon beringin kecil lalu belok kanan dan terus lurus sampai mentok di jembatan plunyon.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Plunyon Kalikuning, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

By Published On: Kamis, 21 Oktober 2021Views: 1267

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!