Sentra Wayang Kulit Gendeng: Desa Wisata Edukatif yang Masih Asri dan Bisa Dikunjungi Oleh Wisatawan dari Seluruh Penjuru

Dusun Gendeng merupakan sebuah desa yang terletak di daerah Yogyakarta, tepatnya di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dusun ini merupakan sebuah sentra wayang kulit Gendeng yang cukup terkenal di kota Yogyakarta bahkan di seluruh dunia karena produk yang dihasilkan sudah terkenal dan populer untuk dikirim ke seluruh penjuru.

Dusun Gendeng tidak hanya dikenal sebagai tempat pembuatan wayang kulit tatah sungging seperti beberapa desa yang ada di Yogyakarta, tetapi desa ini juga dikenal sebagai desa wisata edukatif yang menyediakan wisata bagi para pelancong yang ingin melihat proses pembuatan wayang kulit asli dari Yogyakarta yang biasanya dipakai untuk kegiatan pedalangan wayang.

Sentra Wayang Kulit Gendeng Sangat Membantu Perekonomian Warga Sekitar Sejak Dahulu Kala Ketika Masih Dirintis Oleh Pendiri Awalnya

Dididirkan di Tahun 1929 oleh Seorang Pengrawit dan Dalang yang Terkenal Pada Masanya

Sentra wayang kulit Gendeng dulunya dikenal sebagai tempat pengrajin wayang kulit di tahun 1929 oleh (Alm.) Bapak Walijo atau yang sering dikenal Bapak Atmo Sukarto. Beliau merupakan seorang pengawet dan juga pengrajin wayang kulit yang cukup terkenal pada masanya dan menciptakan berbagai macam karya seni seperti wayang, gamelan, hingga tarian pada eranya.

Seiring berjalannya waktu, dusun ini tidak hanya menciptakan atau membuat wayang kulit saja untuk produksi diri sendiri dan dikirim ke daerah lokal, tetapi dusun ini kini juga membuka desa wisata yang di mana seluruh pengunjung bisa melihat bagaimana cara membuat wayang kulit untuk dikirim ke luar negeri atau dalam negeri sebagai tontonan wayang kulit untuk semua orang.

Produk Utama Wayang Kulit di Dusun Gendeng Adalah Produk yang Telah Lama Membantu Warganya Agar Ekonomi Mereka Meningkat

Sentra wayang kulit Gendeng dikenal sebagai tempat pembuatan wayang kulit dengan gaya Yogyakarta yang masih khas sekali dan kental serta sentuhan Jawa yang juga tidak kalah tertuang di dalam pembuatan wayang tersebut. Produk utama ini setelah lama membantu masyarakat dusun gendang untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan hidup mereka selama beberapa dekade.

Ada banyak sekali wayang kulit yang dijual ke luar negeri atau dalam negeri dengan harga yang cukup fantastis untuk ditampilkan sebagai acara wayang kulit semalam suntuk atau hanya sekadar dipajang di etalase sebagai kurator yang banyak membeli wayang-wayang tersebut karena keindahan yang dimilikinya dan harga yang cukup fantastis untuk ditawarkan ke penjual wayang.

Berkunjunglah ke Dusung Gendeng, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta untuk Menyaksikan Pembuatan Wayang Kulit

Kamu setidaknya harus berkunjung ke sentra wayang kulit Gendeng untuk melihat bagaimana cara pembuatan wayang kulit yang bergaya Yogyakarta untuk dijual atau di tampilkan di etalase yang ada di rumah warga karena mereka sudah banyak sekali membuat ribuan wayang atau bahkan jutaan wayang yang sering atau beberapa kali di pakai oleh dalang di acara wayang kulit mereka.

Sentra wayang kulit Gendeng juga menjadi desa wisata edukatif yang bisa menjadi rekomendasi atau referensi untuk liburan kamu ketika mengunjungi Kota Yogyakarta selain hanya mengunjungi Malioboro atau beberapa rekreasi wisata yang terkenal di Kota Gudeg ini. Kamu akan menemukan sisi lain Kota Yogyakarta yang masih asri dan akan membuat kamu rindu kota yang satu ini.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment