Sentra Wayang Kulit Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah Bisa Menjadi Rekomendasi Tempat Wisata Kamu

Kebudayaan Indonesia memang dikatakan masih sangat kental dan juga selalu dilestarikan oleh beberapa orang yang masih mencintai dan sadar akan pentingnya budaya yang kaya di Indonesia ini titik salah satunya adalah pembuatan wayang yang ada di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri sebagai sentra wayang kulit Kepuhsari yang terkenal.

Terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Desa Kepuhsari ini terkenal sebagai salah satu desa pengrajin wayang kulit yang banyak mengirim wayang-wayang dengan estetika gaya Jawa Tengah yang biasa dipesan oleh dalang dalang Indonesia. Desa ini mengalami pasang surut dalam beberapa dekade yang berimbas kepada penghasilan masyarakat desa yang ada di dalamnya.

Kini Sentra Wayang Kulit Kepuhsari Mulai Terbuka Bagi Siapa Saja yang Ingin Melihat Proses Pembuatan Wayang Kulit Khas Jawa Tengah

Proses Pembuatan Wayang Kulit yang Memakan Waktu Cukup Lama dan Tidak Sebentar Menjadi Daya Tarik Tersendiri untuk Ditonton Pengunjung yang Bertandang ke Wonogiri

Sentra wayang kulit Kepuhsari memiliki ratusan pengrajin wayang kulit yang setia membuat wayang-wayang untuk dikirim ke luar negeri oleh para kurator yang membelinya dengan harga fantastis atau hanya sekadar dikirim ke para dalang yang ada di Indonesia ketika mereka membutuhkan wayang terbaru atau penggantian wayang lama mereka untuk acara wayang kulit.

Pergelaran wayang kulit masih menjadi salah satu daya tarik budaya utama di Indonesia karena masih banyak juga orang-orang yang menikmati wayang kulit sebagai hiburan mereka di kala suntuk dan penikmatnya juga selalu setia. Bahkan, kini banyak regenerasi para dalang-dalang cilik yang mulai mendalang dan membuat pergelaran wayang kulit semalam suntuk mereka sendiri.

Semenjak Pandemi, Desa Kepuhsari Mengalami Pasang Surut yang Drastis dan Membuat Masyarakat Harus Memutar Otak untuk Menambah Penghasilan Mereka

Meski sentra wayang kulit Kepuhsari bisa dikatakan terkenal dan banyak sekali orang-orang yang mengetahui Desa Kepuhsari sebagai tempat produksi wayang, tetapi belakangan ini semenjak pandemi para masyarakatnya harus memutar otak untuk tetap menghidupi keluarga mereka karena berkurangnya omset yang harus mereka dapatkan ketika pandemi ini berlangsung dan berimbas.

Namun, mereka kini telah menemukan kembali kejayaan yang lama pasang dan surut tersebut karena mereka juga mulai membuka desa ini sebagai tempat wisata bagi para pelancong luar negeri atau dalam negeri yang ingin melihat pembuatan wayang kulit secara langsung atau bahkan menyaksikan bagaimana para masyarakatnya hidup dan menyaksikan keindahan alam desanya.

Mari Berkunjung ke Sentra Wayang Kulit Kepuhsari dan Menghidupkan Kembali Desa yang Satu Ini Agar Semakin Ramai Pengunjung yang Mengetahuinya

Kita harus berkunjung ke sentra wayang kulit Kepuhsari untuk menghidupkan kembali perekonomian masyarakatnya sebagian besar bermata pencaharian sebagai pengrajin wayang yang biasanya dibeli atau dijual oleh para dalang atau kurator yang hanya sekedar membeli wayang tersebut untuk hiasan di etalase kesenian milik mereka karena nilai estetika yang tinggi sekali.

Sentra wayang kulit Kepuhsari bisa juga menjadi salah satu rekomendasi dan referensi tempat wisata bagi kamu yang sedang mencari tempat liburan dengan wisata edukatif yang memiliki panorama indah dan bisa digunakan sebagai salah satu aspek utama dalam liburan yang bermakna dan tempat paling indah untuk melihat proses pembuatan wayang kulit khas Jawa Tengah.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment