Perhelatan lomba video pendek bertema Daya Tarik Wisata 3 Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Badan Otorita Borobudur (BOP) telah sampai puncak.

Para juri dan beberapa pejabat BOP pada Rabu (16/6/2021) siang menggelar talk show sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang lomba video pendek tentang promosi pariwisata di wilayah Joglosemar.

Direktur Kelembagaan dan Industri Pariwisata BOB, Bisma Jatmika saat talks show bertema mengeksplore keindahan Joglosemarkerto melaluo BOB short video mengatakan, BOB merupakan sektor multi stakeholder untuk menciptakan perkembangan pariwisata khususnya di wilayah yang mencangkup Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar).

Tujuan diadakannya lomba video pendek tersebut agar dunia pariwisata di wilayah Joglosemar dapat berkembang bersama-sama.

“Agar bisa berkembang harus barang-bareng. Karena turis ini tidak tahu administratif, yang penting experiencenya dapat. Nah BOB ini terus melakukan koordinasi di wilayah Joglosemar,” katanya, di hotel Phoenix, Yogyakarta, Rabu (16/6/2021) siang.

Sementara Direktur Pemasaran Pariwisata Agus Rochiyardi BOB, saat diwawancara mengatakan, lomba video pendek berisi eksplorasi spot wisata yang ada di Joglosemar diharapkan mampu menjadi sebuah triger atau pemicu para insan kreatif supaya bersama-sama menggerakkan kembali industri pariwisata.

“Harapannya bisa menjadi sebuah triger, baik bagi pelaku wisata maupun para wisatawan,” katanya.

Selain itu, pihaknya berharap beberapa video pilihan dari peserta muncul di media sosial, diharapkan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.

“Target itu tentu ada. Cuma untuk saat ini kan masih dalam suasa pandemi, jadi harapannya ini menjadi alternatif bagi turis maupun wisatawan lokal,” jelas dia.

Sekitar satu bulan sejak pengumuman lomba itu diinformasikan kepada masyarakat, Agus mencatat ada sekitar 500 peserta yang ikut terlibat dalam lomba tersebut.

Tim juri kemudian melakukan seleksi hingga menjadi 130 video, hingga akhirnya muncul enam kategori juara.

“Kami tahu nilai hadiah ini tidak seberapa dengan proses pembuatan video dari peserta. Ini surprising terkumpul 500 perserta lalu kami seleksi ada 130 dan kemudian muncul enam juara,” jelasnya.

Dalam waktu bersamaan, salah satu juri R.M Firman S.A mengatakan, kualitas video konten dari para peserta secara visual sudah terlihat profesional.

Tim juri kemudian melakukan seleksi hingga menjadi 130 video, hingga akhirnya muncul enam kategori juara.

“Kami tahu nilai hadiah ini tidak seberapa dengan proses pembuatan video dari peserta. Ini surprising terkumpul 500 perserta lalu kami seleksi ada 130 dan kemudian muncul enam juara,” jelasnya.

Dalam waktu bersamaan, salah satu juri R.M Firman S.A mengatakan, kualitas video konten dari para peserta secara visual sudah terlihat profesional.

Sementara itu juara pertama lomba video pendek BOB, Micky Car Suardy mengatakan, materi yang diambil dan berhasil membuat para juri terpukau yakni berisi tentang spot wisata yang ada di Kabupaten Magelang. Mulai dari Candi Borobudur hingga Svargabumi dan destinasi ciamik lainnya.

“Prosesnya satu bulan, ya itu berisi spot wisata di Kabupaten Magelang ada Svargabumi dan Candu Borobudur. Ya kalau proses pembuatan cukup mahal, tapi ya seneng saja ikutnya, bisa mengeksplore,” terang dia.

Sebagai informasi juara kedua dalam lomba itu diraih oleh Muhammas Fazlur Rahman berisi tentang spot wisata Kota Lama Semarang, dan juara ketiga adalah Rais Al Amin yang menampilkan video tentang keindahan waduk sermo, hingga Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Perlu diketahui dalam pemberian hadiah kepada pemenang lomba video pendek dari BOB itu turut dihadiri Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY, GKR Bendoro.

GKR Bendoro memberikan sambutan sesaat sebelum talk show dimulai, serta turut memberikan hadiah kepada para juara. (hda)

 

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2021/06/16/badan-otorita-borobudur-serahkan-hadiah-lomba-video-pendek-destinasi-wisata-joglosemarkerto?page=2

By Published On: Wednesday, 16 June 2021Views: 163

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!