Kampoeng Rawa, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner di Ambarawa – Jawa Tengah bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu ketika liburan bersama keluarga. Tepatnya di kawasan ibu kotanya yaitu Semarang, ada begitu banyak pilihan tempat bagus yang bisa didatangi. Berbicara soal wisata alamnya, Semarang memiliki sederet nama wisata dengan konsep alam yang keindahannya terkenal hingga ke luar daerah.

Foto : @najibullah3

Foto : @wahadi731

Tidak hanya wisata dengan konsep alam, Semarang juga punya wisata yang dibangun masyarakatnya dengan memadukan potensi yang ada. Semarang yang juga mempunyai banyak ide wisata kuliner khas bercita rasa nikmat juga menjadikannya sebagai kota yang bisa menghasilkan pengalaman liburan seru. Dari potensi alam serta potensi kuliner yang dimiliki, inilah tempat wisata di Semarang tepatnya di Ambarawa yang wajib dikunjungi.

Hasil Karya Penduduk Setempat

Telaga Rawa Pening termasuk wisata alam air yang sangat populer di Semarang. Keberadaannya tidak begitu saja dibiarkan dan hanya menjadi hamparan genangan air yang luas. Penduduk setempat menyulap telaga tersebut menjadi tempat wisata air yang semakin indah dan berpotensi mendatangkan banyak pengunjung. Hingga muncullah nama Kampoeng Rawa atau yang juga sering disebut Kampung Rawa Ambarawa.

Dibuat di atas telaga Rawa Pening, Kampung Rawa kemudian menjadi obyek wisata apung. Sudah barang tentu tempat wisata tersebut menghasilkan pengalaman liburan yang tak terlupakan dengan kesejukan udara dan keasrian pemandangannya. Kampung apung tersebut juga menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Semarang dan menjadikan kota tersebut sebagai kota wisata terbaik di Jawa Tengah.

Pemandangan Desa yang Sangat Khas

Kampoeng Rawa tidak hanya menawarkan wisata air yang menyegarkan mata. Pengunjung yang masuk ke kawasan ini juga akan disambut oleh hamparan sawah yang sangat luas. Sawah yang setiap tahunnya ditanami padi itu mampu menyihir setiap mata yang melihatnya dan membuatnya terpesona dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Pengunjung juga bisa berjalan di tengah sawah sembari menikmati tiupan angin khas pedesaan.

Selain pemandangan sawah dan rawa, Kampung Rawa Ambarawa juga dikelilingi lima gunung sekaligus. Kelimanya adalah Merapi, Telomoyo, Merbabu, Gajah Mungkur dan sebuah dataran tinggi bernama Ungaran. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya pemandangan alam di tempat itu dengan berbagai obyek yang mengelilinginya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah saat musim kemarau agar tidak terganggu hujan maupun awan mendung.

Memiliki Potensi Kekayaan yang Melimpah

Telaga Rawa Pening bagi masyarakat Ambarawa tidak hanya sebatas wisata air. Telaga tersebut juga menjadi sumber pengairan bagi banyak kebutuhan masyarakat setempat. Air bersih dari Rawa Pening menjadi pasokan yang amat berarti untuk keperluan sehari-hari, terutama untuk kebutuhan pengairan sawah. Ukuran rawa yang cukup besar mampu menampung debit air yang persediaannya mencukupi sepanjang tahun.

Di samping sebagai sumber pengairan, Rawa Pening juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan oleh masyarakat setempat. Upaya budidaya ikan air tawar tersebut juga menjadi salah satu bidang pekerjaan yang bisa diandalkan masyarakat Ambarawa. Tak heran jika keberadaan Kampoeng Rawa bisa dikatakan sebagai harta yang sangat berharga bagi masyarakat Ambarawa karena memang menjadi tempat menggantungkan nasib.

Terdapat Rumah Makan Ikonik

Jangan terburu-buru pulang saat berada di Kampung Rawa Ambarawa sebelum mencicipi makanan di Rumah Makan Apung. Bukan rumah makan biasa, Rumah Makan Apung mengharuskan pengunjung menaiki rakit untuk mencapai tempat makan karena memang konsepnya berada di atas telaga. Pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan keamanan, karena ada petugas yang siap mendampingi.

Berbagai pilihan menu makanan khas pedesaan siap dipesan oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain yang tak kalah menyenangkan seperti becak air, perahu karet dan bebek air yang semuanya dikendalikan di atas air. Fasilitas yang begitu lengkap ini merupakan salah satu alasan mengapa harus mengajak serta seluruh anggota keluarga ketika datang ke Kampung Rawa. Dijamin anak-anak akan betah berlama-lama di tempat ini.

Dengan konsep yang begitu unik, Kampoeng Rawa menjadi pilihan wisata terbaik bersama keluarga saat liburan atau akhir pekan. Keindahan alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi ditambah dengan fasilitas lengkap yang semuanya bisa dinikmati. Jangan lewatkan pula kenikmatan kuliner khas desa di Rumah Makan Apung dengan sensasi yang berbeda.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment