Jelajahi Hutan Wisata Tinjomoyo, Wisata Alam di Pusat Kota Semarang – Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk melakukan perjalanan wisata ke tempat-tempat yang asri hingga ke pelosok desa. Ini dilakukan untuk melepas penat setelah selama satu minggu disibukkan dengan aktivitas kerja yang cukup melelahkan.

Namun saat ini, untuk bisa menikmati keindahan alam tidak harus melakukan perjalanan panjang hingga ke pegunungan atau pesisir pantar. Di pusat kota pun, Anda bisa mengabadikan momen spesial di tempat wisata yang asri. Salah satu destinasi wisata di Semarang yang berada tak jauh dari pusat kota adalah wisata Hutan Tinjomoyo.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Untuk bisa sampai di hutan wisata yang ada di Semarang ini sangat mudah sekali. Sebab, lokasinya benar-benar tidak jauh dari pusat kota. Tepatnya ada di Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Semarang.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik transportasi umum tanpa khawatir tersesat saat menuju lokasi. Sebab, ada banyak sekali papan petunjuk arah yang akan menuntun Anda hingga tiba di wisata Hutan Tinjomoyo.

Jika Anda berada di kawasan Tugu Muda, jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 7 Km saja. Sebagai patokan, lokasinya berdekatan dengan UNIKA (Universitas Katolik Soegijapranata). Untuk akses menuju lokasi juga cukup lebar dan telah diberi aspal sehingga para wisatawan tidak kesulitan untuk tiba di kawasan hutan wisata Tinjomoyo.

Harga Tiket Masuk

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi yang mahal, harga tiket masuk juga tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp3 ribu per orang. Harga tersebut berlaku setiap hari, baik hari biasa, weekend, maupun hari libur nasional. Untuk jam operasionalnya, wisata Hutan Tinjomoyo ini dibuka setiap pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Eks Kebun Binatang

Dulu, Hutan Tinjomoyo ini merupakan wisata kebun binatang namun pada tahun 2006 terpaksa ditutup karena dilanda banjir akibat luapan air dari Kali Garang. Itu sebabnya, di beberapa lokasi dijumpai reruntuhan bangunan dan bahkan bekas kandang hewan. Tidak hanya itu, jembatan penghubung pintu masuk pun putus akibat diterjang arus sungai yang sangat deras.

Ditambah lagi dengan kondisi tanah yang mudah longsor sehingga pemerintah Kota Semarang menghentikan operasional wisata kebun binatang tersebut. Sedangkan koleksi binatang milik kebun binatang Tinjomoyo dialihkan ke lokasi baru yang ada di Magelang, Jawa Tengah.

Pesona Wisata Hutan Tinjomoyo

Area hutan ini memiliki luas sekitar 57 hektar dengan pemandangan alam yang indah memesona. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara yang bersih di hutan wisata walau berada di pusat kota Semarang.

Dan dengan harga tiket masuk hutan wisata Tinjomoyo yang ramah di kantong tersebut, Anda bisa sepuasnya mengelilingi area hutan dan mengabadikan momen terindah di spot terbaik. Salah satu spot foto yang kerap dipilih oleh pengunjung adalah berswafoto dengan latar belakang sisa reruntuhan bangunan bekas kebun binatang.

Namun, yang paling populer adalah spot foto di tengah-tengah jembatan merah dengan latar belakang hutan dan sungai. Banyak sekali pasangan yang menjadikan spot foto yang satu ini sebagai foto prewedding.

Bahkan, ada pula yang berswafoto di jembatan kayu dan sekitar sungai. Apalagi setelah jembatan kayu yang telah rapuh tersebut dirombak menjadi jembatan yang terbuat dari beton yang kokoh. Semakin banyak wisatawan yang sengaja singgah untuk selfie di sekitar jembatan tersebut.

Selain memiliki spot foto terbaik, di area hutan yang masih alami dan asri ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi outbound, combat game, berkemah, dan family outing. Bahkan, aliran sungai yang terlihat di satu sisi juga kerap dimanfaatkan sebagai wisata susur sungai yang seru.

Saat berkunjung di wisata hutan Tinjomoyo ini, disarankan untuk membawa kompas, peta, atau memanfaatkan online map. Sebab, walaupun telah tertata dengan rapi, tetap berbahaya apabila menyusuri hutan tanpa menggunakan bantuan petunjuk apapun mengingat luasnya lokasi hutan.

Berpetualang menyusuri jalan setapak di hutan wisata Tinjomoyo sambil mengabadikan momen terbaik di spot foto pilihan menjadikan wisata alam yang satu ini populer di kalangan wisatawan. Apalagi dengan lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Semarang membuat siapapun bisa dengan mudah mencapai lokasi wisata yang asri dan sejuk ini.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment