Keindahan Alam Grojogan Sewu Tawangmangu. Grojogan Sewu merupakan salah satu penampakan air terjun terindah yang terdapat di lokasi Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, keberadaan dari tempat wisata ini berada di sekitar lereng Pegunungan Lawu, sekitar 27 kilometer tepat berada di sebelah bagian timur kota Karanganyar. Makna dari kata grojogan sendiri diambil dari bahasa Jawa, yang berarti air terjun dan sewu yang artinya adalah seribu, karena itulah disebut air terjun seribu.

Foto : @grojogansewutawangmangu

Foto : @riskafauzizah

Akan tetapi, istilah air terjun seribu tersebut hanyalah sebutan semata, karena sejatinya bukti dari adanya air terjun ini hanya berjumlah satu.maksud dari kata seribut maupun sewu tersebut sejatinya berasal dari adanya pecak berjumlah seribut, dengan satuan jarak yang bisa digunakan merupakan bagian dari air terjun yang sangat tinggi. Satu pecak tersebut memiliki kesamaan dengan satu telapak kaki dari orang dewasa. Tinggi dari air terjun ini mencapai hingga 81 meter.

Karakteristik Dibalik Keindahan Grojogan Sewu

Kondisi dari Grojogan Sewu ini juga mempunyai air terjun bercabang-cabang, yang memiliki peluncuran berbentuk meluas. Namun sayangnya, sebagian besar dari air terjun ini akan mengalami kekeringan apabila disaat di musim panas. Selain itu, disisi kanan pada air terjun ini memiliki sebuah hutan wisata dengan luas hingga 20 hektar. Kawasan dari hutan ini memiliki banyak sekali ditumbui oleh berbagai macam pepohonan hijau yang menjadi hunian para kera yang telah jinak.

Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas pendukung yang akan memudahkan wisatawan agar kunjungan ketempat ini semakin menyenangkan. Di antaranya fasilitas tersebut meliputi kolam renang, taman binatang, kios makanan, tempat beristirahat, cenderamata, kios buah-buahan, dan tempat MCK. Bagi wisatawan muslim tidak perlu merasa khawatir, karena tempat ini juga menyediakan mushala untuk beribadah dilengkapi dengan peralatan sholat yang dibutuhkan.

Bagi sebagian besar masyarakat meyakini, jika tempat wisata Grojogan Sewu ini memiliki cerita mitologi yang sangat khas. Bahkan sampai hari ini telah berkembang sangat meluas. Mitos tersebut sangat berlaku bagi para pasangan yang belum menikah. Mitologi tersebut berbunyi, jika sepasang kekasih yang belum menikah melintasi sebuah jembatan yang ada di depan air terjun tersebut, maka hubungan yang dijalin tidak akan lama dan tidak bisa bertahan hingga pernikahan.

Keindahan alam air terjun Grojogan ini juga berdekatan dengan penginapan sekitar yang bisa disewa oleh wisatawan yang datang. Penginapan tersebut merupakan rumah para warga yang sengaja disewakan sebagai tempat penginapan. Suasana alam di tempat wisata ini juga sangatlah indah dan berkesan sekali. Alam yang damai dengan panorama luar biasa selalu menghadirkan pemandangan pepohonan yang hijau, sehingga nyaman sekali untuk melepas lelah sehabis bekerja.

Jadwal Buka Grojogan Sewu

Ketika menikmati wisata ini tidak perlu merasa khawatir, dikarenakan harga tiket dari tempat wisata ini terbilang murah dan terjangkau yaitu hanya sebesar 15 ribu rupiah saja. Selain itu, di tempat ini juga memiliki arena permainan yang sangat menarik bagi anak-anak agar tidak merasa bosan, yaitu meliputi flying fox, dengan harga sebesar 11 ribu rupiah. Jam buka Grojogan Sewu ini setiap hari, mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore hari.

Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota, sehingga bisa diakses dengan mudah tanpa kendala apapun. Lokasi ini juga sangatlah bersih dan airnya jernih sekali untuk dicoba sebagai tempat mandi anak-anak maupun keluarga yang berlibur. Suasana sejuk dengan hiasan suara burung yang merdu, senantiasa mampu menghibur wisatawan yang datang ke tempat ini. Sehingga, siapapun wisatawan yang datang tidak akan pernah merasa bosan sama sekali.

Demikianlah informasi akurat seputar tentang hal-hal menarik dari keindahan taman wisata air terjun Grojogan Sewu. Semoga, info ini bisa memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat Jawa dan sekitarnya untuk bisa menemukan tempat wisata yang indah, menarik, dan sangat disukai. Intinya dalam menikmati wisata tersebut tetap perhatikan protokol kesehatan secara akurat, sehingga kondisi badan selalu sehat dan bersemangat. Selamat berwisata semoga menyenangkan selalu!

By Published On: Thursday, 18 March 2021Views: 4328

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!