Batik Serat Glugu Khas Boyolali

Motif batik unik yang berasal dari kota Boyolali ini sudah menjadi suatu motif yang menambah kekayaan seni motif batik di Indonesia. Seperti namanya, Batik Serat Glugu dibuat dari serat kayu glugu yang unik. Kenapa unik? hal ini karena setiap kayu yang dibelah terdapat motif yang berbeda-beda. Sama halnya dengan glugu aslinya yang terdiri dari dua jenis, yakni kelapa merah dan kelapa hijau, serat pada kelapa hijau lebih sedikit dari pada yang merah, nah serat yang ada pada kayu itu lalu di potret kemudian dibuat cap untuk membatik.

Pembuat pertama Batik Serat Glugu adalah Bapak Muhammad Amin. Ia mengatakan bahwa dalam membuat batik motif glugu ini tidaklah mudah, benar-benar butuh waktu cukup lama untuk menemukan motif serta membuat batik yang pas. 

Awalnya Beliau memang memiliki usaha mebel kayu jenis glugu, lalu beliau memperhatikan tekstur kayu glugu yang unik dan menarik kemudian beralih ke usaha batik Glugu. Ia menuangkan tekstur glugu dari kayu ke kain. Dalam sebulan Beliau bisa meraup keuntungan hingga Rp. 75 juta. Buat kamu yang ingin beli batik khas Boyolali ini, Mereka menjual dengan harga yang beragam per potongnya, mulai dari harga Rp. 70.000 sampai Rp. 400.000 tergantung pada kain dan motifnya.

Saat ini sudah ada sekitar 3.800 motif Batik Glugu yang diciptakan, apalagi aneka motif tersebut sudah memiliki hak cipta loh, jadi memang motif-motif ini adalah miliknya dan tidak dijual di pasaran demi menjaga keasliannya. Lokasinya sendiri berada di Dukuh Godeg, Desa Ngenden, Kecamatan Ampel, Boyolali. Kamu bisa datang langsung ke sana ya!.

By Published On: Thursday, 13 April 2023Views: 1128

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!