PURWOREJO, BOB – Kontes kambing Kaligesing tingkat Nasional 2023 digelar Sabtu (4/3/2023) di Desa Wisata Pandanrejo Purworejo Jawa Tengah. Kontes sekaligus expo ini kali pertama digelar dengan melibatkan beberapa desa wisata.

Plh Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB), Ramlan Kamarullah mengatakan kegiatan memadukan antara kejuaraan tingkat nasional dengan pameran UMKM ekonomi kreatif. Dengan para pelaku di kawasan Menoreh dan tiga kabupaten di bawah zona Koordinatif BOB, yakni Kabupaten Magelang, Purworejo, dan Kulon Progo.

“Kegiatan ini ditujukan untuk mendongkrak pariwisata classic-modern yang menghadirkan warisan leluhur (Kambing Kaligesing, red) dan dikemas dengan olahan pariwisata yang berlevel tinggi,” jelasnya.

Setidaknya ada 7 desa wisata penyangga Badan Otorita Borobudur yang dilibatkan. Diataranya meliputi dari Desa Wisata Ngargoretno Magelang; Desa Wisata Ngargosari, Desa Wisata Gerbosari, Desa Wisata Pagerharjo dari Kulon Progo; dan Desa Wisata Pandanrejo, Desa Wisata Sedayu, Desa Wisata Benowo dari Purworejo.

“Kegiatan merupakan upaya membangkitkan pariwisata bersifat kawasan. Demi menunjang meningkatnya wisatawan yang mulai memilih desa wisata sebagai tujuan berwisata,” lanjutnya.

Di sisi lain, expo dan kontes kambing ini juga merupakan serangkaian acara pelengkap kegiatan Festival Budaya Desa Wisata Pandanrejo 2023 yang sudah dimulai sejak Februari 2023.

Tujuan expo sendiri untuk mendorong para pelaku UMKM dan pelaku wisata. Termasuk membuka kesempatan bagi pengunjung umum untuk bisa mengenal lebih jauh tentang sisi lain dari sekedar peternakan kambing biasa.

Diketahui, Desa Wisata Pandanrejo merupakan salah satu desa wisata binaan Badan Otorita Borobudur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam peningkatan Quality Tourism Experience maka dihelat berbagai acara menarik. Sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan. Kontes ini dalam pelaksanaannya juga bertujuan untuk mencari juara dari kambing-kambing terbaik.

“Dalam konteks kepariwisataan maka hal ini dapat dikemas menjadi lebih menarik dan bisa mengakomodir banyak subsektor pariwisata seperti UMKM, branding, akomodasi (makan, minum, penginapan), dan tentu saja menambah jangkauan yang luas terutama bagi tempat penyelenggaraan kontes apabila penyelenggaranya adalah sebuah desa wisata,” papar Ramlan.

By Published On: 4 March 2023Views: 54

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment