DIENG – Kawasan dataran tinggi Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara, , Jawa Tengah, kembali diselimuti kembang es.

Suhu udara drop sampai mendekati titik nol derajat Celcius dalam beberapa hari terakhir.

“Pagi ini pukul enam tadi, suhu 5 derajat Celcius,” kata Widjatmiko, petugas pemugaran candi di Dieng, Selasa (16/7/2019) pagi ini.

“Badan ini seperti membeku, padahal udah pake baju dobel, jaket dobel, kaus kaki dan sepatu,” akunya via telepon kepada Tribunjogja.com.

Menurut Miko, panggilan akrab Widjatmiko, suhu dingin ekstrem mendekati titik beku ini sudah berlangsung enam hari terakhir.

Hamparan embun es berwarna putih menyelimuti kawasan dataran tinggi Dieng pada Selasa 16 Juli 2019 pagi
Hamparan embun es berwarna putih menyelimuti kawasan dataran tinggi Dieng pada Selasa 16 Juli 2019 pagi (IST | Widjatmiko untuk Tribun Jogja)

“Sudah enam hari terakhir di bulan ini Mas,” tambahnya.

Secara umum situasi di kawasan wisata Dieng sepi. Tak banyak wisatawan yang berburu suasana bekunya Dieng.

Dari foto-foto dan video laporan pandangan mata Miko, kembang es menyelimuti rerumputan, pucuk-pucuk kembang, pucuk tanaman, permukaan mobil, kanopi, dan batu-batu candi.

Dataran tinggi Dieng kembali diselimuti embun es pada Selasa (16/7/2019 pagi. Suhu udara mendekati titik beku
Dataran tinggi Dieng kembali diselimuti embun es pada Selasa (16/7/2019 pagi. Suhu udara mendekati titik beku (IST | Widjatmiko untuk Tribun Jogja)

Kemunculan kembang es di permukaan rumput di komplek Candi Arjuna, Setyaki, dan kebun kentang di sekitarnya menampakkan hamparan putih keabu-abuan.

Sumber: Tribunnews.com

By Published On: Wednesday, 17 July 2019Views: 1625

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!