Dinas Pariwisata DIY bersinergi dengan BOB menyelenggarakan secara hybrid Event Jogja Batik Carnival yang dilaksanakan pada Kamis 28 Oktober 2021 yang bertempat di Panggung Utara Destinasi Tebing Breksi Sleman.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Utama BOB, Indah Juanita yang turut mendukung penuh agenda dua tahunan, Jogja International Batik Biennale (JIBB) yang sudah resmi dibuka Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Juni lalu yang mengusung tema Borderless Batik dan sub-tema: “From Heritage to Millenial`s Life Style”.

Sejak 2014, Yogyakarta ditetapkan menjadi Kota Batik Dunia oleh Dewan Kerajinan Batik Dunia atau WCC (World Craft Council). Penghargaan diberikan sebab batik sebagai karya tradisional Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta. Ada tujuh kriteria yang ditetapkan WCC agar suatu daerah layak diberi penghargaan sebagai kota batik dunia, yaitu nilai historis, orisinalitas, pelestarian, nilai ekonomi, ramah lingkungan, nilai global, dan keberlanjutan.

Pengakuan Internasional terhadap Jogja sebagai Kota Batik Dunia harus dipertahankan. Jangan sampai predikat tersebut dicabut atau bahkan hilang hanya karena masyarakat tak mampu menjaga kekayaan batik yang ada. Hal itu perlu kesadaran bersama untuk melestarikan batik, baik dari produsen maupun masyarakat sebagai konsumen.

Indah Juanita, Direktur Utama BOB mengharapkan agar kegiatan ini dapat memberikan dampak terhadap citra positif DIY sebagai kota budaya dan wisata serta meningkatkan rasa cinta terhadap batik di kalangan masyarakat.

By Published On: Thursday, 28 October 2021Views: 179

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!