Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong generasi milenial untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan platform digital dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Foto 1: Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar YES Goes To Campus STIE Bongaya Makassar.

Dalam Webinar “YES Goes To Campus STIE Bongaya Makassar”, Sabtu (23/10/2021), Sandiaga menyampaikan ada enam sektor digital yang berkembang di masa pandemi COVID-19. Keenamnya adalah e-commerce, transportasi, kuliner, online travelonline media, serta layanan finansial.
“Selain itu ada juga dua landscape bisnis baru yang juga tumbuh yaitu kesehatan dan pendidikan melalui healthtech dan edutech. Ini menjadi peluang untuk mengembangkan ide yang kreatif yang diseimbangkan dengan perencanaan strategi dan riset yang mendalam terutama dalam membaca kebiasaan dan rutinitas konsumen yang berubah drastis sejak pandemi,” kata Sandiaga.
Kesehatan, lanjut Sandiaga, merupakan suatu keutamaan di masa pandemi COVID-19. Sehingga, masyarakat lebih banyak memanfaatkan platform digital untuk berkegiatan, terutama dalam hal transaksi.
Foto 2: Ilustrasi platform digital

Di sisi lain, Sandiaga menyebutkan Indonesia memiliki keunggulan di sektor demografi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 53 persen atau sekitar 143 juta masyarakat Indonesia terdiri dari generasi milenial.
“Dari data tersebut kita melihat bahwa usia kreatif kita sangat banyak dan ini adalah bonus demografi. Sehingga ini menjadi modal utama dalam pengembangan dunia digital,” katanya.
Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf bersama-sama dengan generasi muda terus berupaya mendorong transformasi digital yang dimulai dengan penyiapan sumber daya manusia dan talenta digital dengan sejumlah program. “Kami melakukan sejumlah program yang langsung bisa dijangkau oleh anak-anak muda kita yang tertarik untuk mengembangkan kariernya di ekosistem ekonomi kreatif dan ekonomi digital adalah pilar utama ekonomi bangsa,” ujar Sandiaga.
Foto 3: Ilustrasi transaksi digital produk UMKM.

Sementara itu, Ketua STIE Bongaya Makassar, Mappamiring P, mengatakan perlu ada pengembangan kreativitas dalam proses pengembangan kewirausahaan. “Kreatif itu selalu berpikir akan hal-hal yang baru dan kalau itu diimplementasikan, itulah yang berbentuk kewirausahaan,” kata Mappamiring.
Acara ini juga dihadiri oleh Direktur SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti; dan Anggota Komisi XI DPR RI sekaligus Co-Founder KAHMIpreneur, Kamrussamad.
Cecep Rukendi
Plt. Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
https://kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers%3A-Menparekraf-Dorong-Milenial-Terus-Berinovasi-dengan-Manfaatkan-Platform-Digital
By Published On: Sunday, 24 October 2021Views: 182

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!