Menikmati Pemandangan Indah Sunrise di Puthuk Setumbu Jogjakarta – Berjalan-jalan di Jogjakarta menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang untuk menghabiskan waktu liburan. Banyak sekali tempat wisata yang akan Anda temukan saat berwisata di kota Jogja. Mulai dari adanya wisata sejarah, wisata religi, wisata alam, dan lainnya.

Salah satu tempat yang patut untuk dikunjungi ialah keindahan wisata alam, lokasinya tidak jauh dari candi Borobudur. Destinasi wisata alam ini memiliki keindahan yang sangat memukau dengan barisan bukt-bukit yang indah dan terasa segar.

Tempat wisata Puthuk Setumbu ini berada di perbukitan yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Dari gugusan bukit ini para pengunjung bisa menikmati sunrise di sekitaran Borobudur yang cocok untuk didatangi. Ketika merasa jenuh, wisata alam satu ini mampu menghilangkan kejenuhan serta kepenatan atas aktivitas yang begitu padat atau suasana hiruk pikuk lingkungan perkotaan.

Udara sejuk dengan perbukitan dan pemandangan yang memukau ini membuat para pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di tempat ini. pada mulanya tempat ini hayalah sebuah ladang biasa, kemudian berubah menjadi tempat yang banyak didatangi orang ketika salah seorang fotografer mulai memamerkan keindahan pemandangan sunrise di sini. Untuk Anda yang ingin mengenal tempat ini, simak ulasan berikut ini  hingga selesai.

Foto : @rmyysaj

Foto : @rmyysaj

Pemandangan Indah Terpampang di Puthuk

Wisata Puthuk Setumbu ini merupakan salah satu wisata alam dengan perbukitan yang cukup tinggi yang letaknya berada di perbukitan Menoreh, Magelang. Puthuk memiliki keindahan pemandangan yang luar biasa, dari atas sini Anda bisa menyaksikan sunrise yang sangat hangat. Tidak hanya itu, pada sore harinya Anda juga menikmati sunset hingga tenggelamnya matahari.

Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta sunrise ataupun sunset. Pada ketinggian ini pula Anda bisa melihat kenampakan Candi Borobudur yang sangat megah di bawah awan-awan dan kabut tipis.

Fasilitas Wisata Alam Puthuk

Banyak sekali fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika berada di wisata ini, Nirwana sunrise ini memiliki fasilitas seperti toilet, mushola, area parkir yang sangat luas di bagian bawah, homestay untuk istirahat dengan harga yang terjangkau, spot foto yang menarik seperti adanya ayunan langit dan sebagainya, harga tiket yang terjangkau, dan juga gazebo-gazebo untuk beristirahat di Puthuk Setumbu.

Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket masuk untuk para turis domsetik ini ialah sebesar Rp15.000, sedangkan untuk biaya masuk turis mancanegara Rp30.000. Harga yang sangat terjangkau untuk Anda bisa menikmati pemandangan indah di atas bukit. Setiap wahana Anda pun akan dikenakan tarif, namun harganya pun sangat terjangkau hanya dengan Rp5.000 Anda bisa menikmati per wahana yang ada.

Bagi kendaraan bermotor diwajibkan untuk membayar biaya parkir, untuk mobil sebesar Rp5.000 sedangkan untuk parkir motor Rp2.000. Wisata ini sudah mulai dibuka sejak pukul 04.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB atau jam 5 sore. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati sunrise sangat disarankan untuk bermalam di homestay Puthuk Setumbu, baru paginya melakukan perjalanan untuk menikmati pemandangan sunrise di bukit.

Lokasi Wisata Puthuk

Wisata alam Puthuk Setumbu ini berada tidak jauh dari Candi Borobudur, lebih tepatnya berada di baratnya Candi Borobudur. Untuk bisa sampai pada wisata ini hanya perlu menempuh selama 1 hingga 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun sepeda motor. Nah, sebelum sampai di atas bukit, Anda akan melakukan treking kurang lebih selama 15 menit, jalur treking ini tidaklah sulit sehingga mudah untuk dilalui.

Saat sudah sampai di atas bukit, meskipun lelah namun semuanya akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang ada di atas bukit ini. tidak hanya bisa melihat sunrise, dari bukit ini Anda bisa melihat betapa besar dan megahnya Candi Borobudur yang tidak jarang diselimuti kabut tipis-tipis. Yang menjadi incaran para pengunjung biasanya ialah ingin melihat sunrise dari Puthuk.

Itulah beberapa informasi terkait Puthuk Setumbu yang bisa Anda jadikan sebagai tempat wisata alam keluarga. Tempat ini menjadi salah satu tempat rekomendasi yang menarik untuk dikunjungi ketika Anda sedang berlibur di Borobudur, kerena tempat ini berada di dekat Candi Borobudur. Sayang sekali apabila tempat wisata ini dilewatkan begitu saja.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment