Pantai Dadap Ayam, Wisata Ekstotis Tersembunyi di Gunungkidul – Berbicara mengenai Gunungkidul, maka tak lepas dari objek wisatanya yang tak kunjung habis, khususnya objek wisata pantai. Dengan garis pantai yang memanjang dari ujung barat sampai ke timur sepanjang 73 kilometer menampilkan daerah pantai di sekitar

Gunungkidul terlihat lebih memesona serta karena banyaknya pantai yang masih belum tersentuh oleh wisatawan.

Beberapa pantai yang terkenal di kawasan Gunungkidul adalah Pantai Torohudan, Pantai Ngobaran. Juga terdapat beberapa pantai lainnya yang cukup populer dan sering didatangi oleh pengunjung maupun wisatawan. Meskipun sudah cukup banyak pantai di kawasan Gunungkidul yang sudah terkenal dan diketahui oleh para wisatawan, tetapi masih ada beberapa satu pantai yang hingga kini belum banyak diketahui namun tak kalah menarik.

Salah satunya ialah Pantai Dadap Ayam. Pantai ini merupakan pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Torohudan dan Ngobaran. Akan tetapi pantai ini masih terbilang wisata pantai tersembunyi yang eksotis dan belum dijamah oleh banyak orang.

Karena masih jarang diketahui oleh orang banyak, sehingga lingkungan di sekitar pantai masih bersih dari sampah dan tidak terlalu ramai. Meskipun ukuran pantainya tidak terlalu luas karena di dominasi oleh batu karang, namun pasirnya berupa pasir putih sama seperti warna pasir di pantai Gunungkidul pada umumnya.

Foto : @encus_kusna

Foto : @brian.ndw

Asal Mula Nama Dadap Ayam

Kabarnya, nama pantai ini berasal dari nama sebuah tanaman yang banyak tumbuh di sekitaran muara sungai serta pinggir pantai tersebut. Tanaman ini termasuk tanaman tradisional yang disebut dadap ayam. Tidak diketahui alasannya mengapa nama tanaman ini diambil untuk menamai Pantai Dadap Ayam, apakah karena tanaman tersebut sangat banyak tumbuh disana atau ada alasan lainnya.

Oleh karena itum tidaklah mengherankan jika nama pantai ini masih tidak begitu lazim untuk nama sebuah pantai bagi sebagain orang. Pantai ini juga merupakan kawasan untukmemproduksi garam. Beberapa warga setempat ada yang termasuk kelompok petani garam yang mengelola garam di pantai tersebut.

Karena letaknya yang terpencil, pantai ini biasanya hanya dikunjungi oleh warga setempat yang ingin mengumpulkan rumput laut yang tumbuh di batu karang ataupun mengambil tanaman dadap ayam untuk dipakai sebagai obat tradisional.

Objek Wisata Eksotis Yang Tersembunyi

Jika Anda berkunjung ke pantai tersebut maka Anda akan diingatkan dengan Pantai Padang Padang di Bali karena adanya hamparan koral berwarna hijau yang diakibatkan karena tertutupi rumput laut dan ganggang. Sehingga saar Anda berjalan di sekitar pantai, Anda harus berhati-hati terhadap permukaan batu yang lumayan tajam dan licin.

Anda juga bisa berteduh dan berlindung di bawah ceruk karang yang banyak terdapat di sepanjang pantai jika ingin terhindar dari terpaan sinar matahari yang sangat terik. Suara deburan ombak beserta hembusan air laut dapat membuat Anda bersantai serta menikmati pemandangan pantai tersebut. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi piknik, Anda cukup membawa perbekalan serta alas yang dibutuhkan untuk berpiknik.

Di pantai ini terdapat tebing karang tinggi di kedua sisi pantai. mirip seperti gerbang yang menutupi sisi kanan dan kiri pantai. Saat mengunjungi tempat ini pada waktu air sedang surut maka Anda akan menjumpai ikan-ikan kecil yang bersembunyi diantara bebatuan pantai.

Sedangkan jika Anda berkunjung pada saat pantai dalam kondisi sedang maka Anda tidak akan bisa melihat pasir pantainya beserta area karang.

Akses Menuju Pantai Dadap Ayam

Lama perjalanan untuk bisa mencapai pantai ini bila dari jantung kota Jogja menghabiskan waktu sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 50 km. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, tepatnya di Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute yang cukup mudah untuk menemukan panta ini dimulai dari kota Yogyakarya menuju ke jalan Imogiri Barat atau Imogiri Timur. Jalan terus menyusuri Imogiri hingga sampai ke Siluk.

Dari Jembatan  Siluk berjalan kea rah SPN & Panggang hingga tiba di terminal Panggang. Kemudian lanjutkan perjalanan lurus ke arah timur menuju ke SMKN 1 Saptosari.

Dari depan SMKN 1 Saptosari belok kanan lalu terus lurus hingga Pos Retribusi.

Setelah dari Pos Retribusi lanjutkan perjalanan sampai ke Ngobaran setelah itu Anda bisa berjalan kaki mulai dari tempat parker bus. Jika Anda membawa kendaraan bermotor, Anda bisa langsung menuju ke arah timur. Biaya parkir di lokasi tersebut sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk kendaraan bermotor. Itulah tadi informasi mengenai wisata eksotis yang tersembunyi di Pantai Dadap Ayam.

By Published On: Thursday, 14 October 2021Views: 1085

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!