Magelang, BOB – Badan Otorita Borobudur (BOB) menyerahkan puluhan gerobak sampah, ditujukan kepada Bank Sampah Sektoral (BSS) Kalpataru, Borobudur. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata dalam mendukung kampanye kebersihan lingkungan.

“Pemberian gerobak sampah diharapkan selain sebagai wujud nyata dalam mendukung kampanye kebersihan lingkungan juga diharapkan mendukung kebersihan di wilayah otoritatif BOB,” ujar Direktur Utama BOB, Indah Juanita, Kamis (22/9/2022).

Kampanye kebersihan lingkungan, sanitasi, dan keberlanjutan lingkungan menjadi isu penting yang diangkat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut yang berimplikasi langsung ke penanganan sampah di 5 DPSP.

“Di tingkat daerah BOB berkolaborasi dengan Dinas-Dinas terkait, akademisi dan masyarakat, dengan memulai berbagai kegiatan untuk mendukung kampanye kebersihan destinasi pariwisata bersih,” ujarnya.

slot online

Sementara itu, salah satu program yang digagas untuk mendukung kampanye kebersihan ialah lomba sayembara desain poster. Fokusnya pada tema pariwisata bersih dan berkelanjutan. Terbukti, poster visual merupakan salah satu bentuk kampanye lingkungan yang dapat diterima oleh masyarakat.

“Hari ini telah dirilis 5 pemenang juara sayembara poster destinasi pariwisata bersih. Poster-poster ini nantinya akan dipasang pada titik-titik strategis di jalan raya di wilayah kerja BOB,” jelas Indah.

“Tujuannya untuk selalu mengingatkan masyarakat luas tentang kebersihan destinasi pariwisata,” imbuhnya.

Berikut nama pemenang lomba sayembara poster :
1. Juara 1
Nama : Y Final Toto Susilo
Judul karya : Warisan Budaya Bersih2. Juara 2
Nama : Supriyanto
Judul karya : Bisakarenabiasa
3. Juara 3
Nama : I Gusti Ketut Okta Bayuna
Judul karya : Borobudur resik
4. Juara 4
Nama : Ibra akbari
Judul karya : Posteribra
5. Juara 5
Nama : Apriliyanto
Judul karya : Hiling – hiling estetik

Diharapkan dengan adanya poster ajakan kebersihan dan ditambah dengan pemberian gerobak sampah dapat menjadi sarana tepat untuk meraih kesuksesan pengelolaan sampah di destinasi wisata.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment