Situ Tirta Marta, Wisata Eksotik di Purbalingga dengan Segala Daya Tariknya 

Kawasan Purbalingga dan sekitarnya terkenal dengan berbagai lokasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Situ Tirta Marta. Lokasi wisata air ini menawarkan mata air asli dari Gunung Slamet. Pengunjung bisa berenang, bahkan bisa menikmati spot bermain air yang menyenangkan. 

Lokasi wisata dengan airnya yang segar dan murni ini menjadi daya tarik tersendiri oleh pengunjung dari dalam atau luar Purbalingga. Untuk mengetahui tentang keistimewaan lokasi wisata Situ Tirta Marta, simak dalam penjelasan berikut! 

Keistimewaan Situ Tirta Marta

Keistimewaan lokasi wisata yang terkenal dengan panoramanya yang indah dan airnya yang segar ini adalah: 

  1. Airnya yang jernih dan saking jernihnya, pengunjung bisa melihat dasar Telaga ini dengan jelas. 
  2. Tersedianya spot foto underwater. sehingga bisa membuat seseorang seperti beraktivitas dalam air. 
  3. Pengunjung bisa berenang dengan anti mainstream, dengan ini berenang menjadi lebih seru dan asik, 
  4. Lokasinya bisa dijangkau dengan mudah. 

Alamat Lengkap Situ Tirta Marta 

Alamat lengkap tempat wisata di Indonesia Situ Tirta Marta berada di Dusun I, Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. 

Rute Menuju Situ Tirta Marta

Bagi yang ingin mengunjungi salah satu telaga indah di Purbalingga, yakni Situ Tirta Marta. Patokan rutenya dari alun-alun Purbalingga maka ambil arah ke jalur Jalan Raya Kutasari Tobong kemudian menuju kawasan Pucangwuluk II. 

Selanjutnya berjalan sekitar 1,3 km menuju Dusun I dan Anda tinggal jalan terus hingga sampai ke lokasi Situ Tirta Marta. Jalan menuju lokasi tidak terlalu sulit,  baik mobil atau motor bisa melalui jalur tersebut. 

Fasilitas Pendukung di Situ Tirta Marta 

Salah satu lokasi wisata yang terkenal di Purbalingga ini menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung wisatawan. Hal ini akan membuat pengunjung semakin nyaman. Adapun fasilitas pendukungnya adalah: 

  1. Gazebo.
  2. Area parkir kendaraan yang memadai.
  3. Tempat duduk. 
  4. Toilet umum.
  5. Berbagai warung yang menyediakan aneka kuliner lezat.
  6. Penyewaan ban untuk berenang. 
  7. Mushola.
  8. Dan masih banyak yang lainnya. 

Daya Tarik di Situ Tirta Marta 

Pengunjung yang berkunjung ke Situ Tirta Marta bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan adalah: 

  1. Berenang Pada Kolam Jernih 

Anda bisa berenang pada kolam yang airnya super jernih. Berenang di lokasi ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan air yang jernih membuat badan kembali segar. Anda bisa menikmati berenang kesana-kemari dengan lebih leluasa karena kolamnya sangat luas. . 

  1. Banyak Spot Foto Menarik 

Setelah menikmati kesegaran air di telaga ini. Anda juga bisa berfoto mengabadikan momen yang indah bersama orang-orang terdekat. Spot foto yang tersedia di telaga ini sangat menawan dan eksotis. Tentunya bisa dijadikan koleksi media sosial yang estetik. 

  1. Foto Under Water yang Viral 

Spot foto under water menjadi salah satu spot menarik Situ Tirta Marta Yang viral di media sosial. Dasar kolam yang jernih dilengkapi dengan spot foto seperti, tersedia tempat bermain game beserta TV-nya, ada juga motor antik, dan ada suasana seperti sedang berkemah di dasar air. 

  1. Tempat Bersantai yang Menenangkan

Situ Tirta Marta merupakan lokasi bersantai sekaligus refreshing yang banyak dikunjungi wisatawan. Adanya berbagai fasilitas membantu Anda menikmati pemandangan alam sekitarnya dengan lebih tenang dan nyaman. Untuk yang tidak keramaian akan lebih baik untuk datang tidak pada waktu weekend atau tanggal merah. 

  1. Harga Masuk Bersahabat

Situ Tirta Martamenawarkan harga tiket dan harga tiket spot yang tersedia mulai dari Rp3 ribu sampai Rp 150 ribuan. Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Untuk harga yang mencapai Rp150 ribu biasanya diperuntukkan bagi yang ingin berfoto ria di dasar kolam dengan spot foto yang telah disediakan. 

Demikianlah penjelasan tentang Situ Tirta Marta yang menarik dan menjadi rekomendasi wisata menarik di Purbalingga. Semoga membantu! 

By Published On: Sabtu, 21 September 2024Views: 43

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!