Griya Cokelat Nglanggeran, Alternatif Wisata di Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu wilayah dengan magnet pariwisata yang begitu besar. Tak hanya jajaran pantai dengan view memukau, Gunungkidul juga terkenal dengan situs gunung api purba dan Griya Cokelat Nglanggeran.

Sejak tahun 2014, Nglanggeran dikenal sebagai produsen cokelat lokal yang berkualitas. Bahkan, produknya tidak hanya populer di kalangan wisatawan domestik, tapi juga merambah hingga ke mancanegara.

Desa Gaplek yang Jadi Produsen Cokelat Kelas Internasional

Sebelum terkenal sebagai produsen cokelat kelas internasional seperti sekarang, daerah Nglanggeran terkenal sebagai desa gaplek. Nglanggeran juga merupakan daerah yang langganan kekeringan dan tidak ada air. Namun kini, terdapat beberapa kelompok tani yang mengembangkan perkebunan kakao di desa Nglanggeran.

Hampir seluruh warga desa mempunyai pohon kakao yang jadi bahan baku utama untuk beragam olahan cokelat. Kakao diolah secara mandiri oleh masyarakat setempat. Ada yang diolah menjadi bubuk cokelat, makanan cokelat, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Griya Cokelat Nglanggeran

Salah satu daya tarik Griya Cokelat ini terletak pada aneka produk yang ditawarkan. Salah satu olahan yang jadi favorit wisatawan adalah cokelat hangat. Secangkir cokelat hangat jadi sajian yang pas untuk menikmati keindahan perbukitan dan semilir angin di kawasan Ngalnggeran.

Selain itu, terdapat bubuk cokelat yang dapat dijadikan oleh-oleh setelah berwisata di kawasan ini. Bubuk cokelat yang dijual terdiri dari cokelat murni dan chochomix, yaitu campuran dari cokelat dengan susu dan gula.

Tak hanya itu, Griya Cokelat Nglanggeran juga mempunyai produk berupa cokelat batangan. Cokelat yang dibuat oleh warga setempat ini tak kalah populer dari produk lainnya. Bagi pencinta cokelat, produk yang satu ini tidak boleh terlewatkan karena rasanya yang manis dengan tekstur cokelat yang lembuat akan membuat Anda ketagihan.

Olahan lain seperti brownies kering cokelat, pisang salut cokelat. Dan peyek salut cokelat bisa Anda temukan di tempat ini. Setiap olahan yang dijajakan mempunyai ciri khas tersendiri dengan rasa yang nikmat.

Lokasinya Dekat Gunung Api Purba Nglanggeran

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan ini terkenal sebagian objek wisata dengan keindahan alam yang memukau. Formasi batuan, air terjun, dan waduk di kawasan ini jadi daya tarik terbesar bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Setelah puas menikmati wisata alam, sempatkan untuk mampir ke Griya Cokelat Nglanggeran. Lokasinya tidak jauh, yakni sekitar 700 meter dari area parkir Gunung Api Purba. Tempat ini jadi lokasi terbaik bagi wisatawan untuk menikmati Nglanggeran dari sisi kulinernya.

Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat

Hadirnya Griya Cokelat Nglanggeran tidak hanya menambah daftar tempat wisata di Gunungkidul. Namun, juga merupakan wujud pemberdayaan masyarakat sekitar. Masyarakat desa Nglanggeran menanam cokelat secara mandiri dan mendapatkan hasil penjualan buah Kakao. Selain itu, masyarakat juga bisa mengolah Kakao menjadi produk bernilai jual tinggi.

Masyarakat tak perlu bingung untuk pemasarannya. Karena Griya Cokelat jadi wadah pemasaran untuk setiap produk yang dihasilkan. Semua produk berbahan cokelat hasil olahan warga setempat disajikan dalam display yang menarik.

Kehadiran Griya Cokelat Nglanggeran jadi bukti bahwa kemandirian masyarakat bukanlah hal mustahil. Melalui pelatihan yang terstruktur, kini masyarakat desa Nglanggeran dapat memproduksi cokelat kelas internasional. Cokelatnya tidak hanya dinikmati oleh wisatawan dalam negeri, tetapi juga wisatawan mancanegara. Hal ini juga menjadi identitas wisata bagi desa Nglanggeran.

By Published On: Jumat, 18 Oktober 2024Views: 23

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!