Untuk pertama kalinya, Joglosemar Tourism Awards 2021 dilangsungkan oleh Indonesia Travel Tourism Award (ITTA) Foundation, dengan menggandeng Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Binus Business School di Yogyakarta, Kamis (27/5/2021) malam.

Secara keseluruhan, terdapat 51 kategori penghargaan yang diberikan untuk para pelaku industri pariwisata di wilayah Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar). Mulai dari hotel, resort, desa wisata, transport, souvenir, hingga penghargaan lifetime achievement.

“Makanya, kami buat event di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang. Kami melihat berita saat ini sangat miris, bahwa banyak hotel buntung di masa pandemi, dan award ini jadi salah satu upaya membangkitkan semangat,” katanya.

Ia pun menyampaikan, proses online vooting dengan nominasi yang disusun dari tiga wilayah tersebut, sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu.

Hasil dari pemilihan, lantas diteliti lebih mendalam bersama Binus Business School, guna mengetahui kualitas nominasi di 51 kategori.

“Tentu, dalam proses kami tetap objektif. Kami sudah punya pengalaman melaksanakan event serupa, selama 11 tahun di berbagai daerah di Indonesia. Semoga, penghargaan ini bisa menyemangati para pelaku pariwisata dan memberikan inspirasi bagi teman-teman yang lain,” katanya.

Direktur Pemasaran BOB, Agus Rohyadi, menambahkan, industri pariwisata di area Joglosemar memang terdampak pandemi secara telak.

“Tujuannya agar mereka yang belum dapat penghargaan bisa tertarik, sekaligus tertantang, untuk meningkatkan kualitas. Hasilnya, kekuatan pariwisata di Joglosemar akan semakin meningkat kedepannya,” cetus Agus.

Adapun beberapa penghargaan yang diberikan antara lain, Joglosemar Top Tourism Leader bagi Sri Sultan Hamengku Buwono X, Joglosemar Top Inspiring Leader bagi Gibran Rakabuming Raka, Joglosemar Lifetime Achievement bagi Tazbir, dan Joglosemar Top Hospitality Leader bagi Ganjar Pranowo.

Kemudian, Joglosemar Leading 5 Star Hotel untuk Alila Solo Hotel, Leading 4 Star Hotel untuk Best Western Premier Solo Baru dan Leading 3 Star Hotel untuk Swiss-Belinn Saripetojo Solo.

Sumber Artikel : https://jogja.tribunnews.com/2021/05/28/merangsang-semangat-industri-pariwisata-lewatjoglosemar-tourism-awards-2021?page=2.
Sumber Foto : BOB

By Published On: Jumat, 28 Mei 2021Views: 222

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!