Magelang – ( BOB ) 2 April 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama Direktur Utama BOB, Indah Juanita kagumi produk kreatif yang dihasilkan oleh Kriya Kayu Rikrok di Dusun Tinggal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang dalam Kunjungan Kerja hari ini.

Hal itu diungkapkan Sandiaga saat mengunjungi Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal Desa Wanurejo Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (2/4/2021). Kriya Kayu RikRok milik Ipung Purwanto merupakan galeri kerajinan yang memproduksi dan menjual produk dari kayu, batu, rotan dan limbah seperti kain perca, kulit jagung dan lainnya.

“Hari ini kita betul-betul melihat beberapa konvergensi ekonomi kreatif yaitu produk-produk yang bisa dikategorikan kriya dan produk ramah lingkungan karena ini mengolah limbah,” kata Sandiaga.

Ia bersama Badan Otorita Borobudur (BOB) ditugasi membangun destinasi superprioritas di Borobudur, tetapi menurutnya tidak akan bisa menghadirkan satu destinasi berkualitas kalau warganya tidak ikut terlibat secara totalitas. “Itu nyambung. Dan kita semua harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dan kerja ikhlas,” tegas Sandi.

Sandiaga mengapresiasi Kerajinan Kriya Kayu RikRok karena ada aspek konservasi dan ramah lingkungan, dan punya kemampuan menaikkan nilai (value added). “Definisi ekonomi kreatif itu meningkatkan nilai tambah yang berwawasan kewirausahaan, nah ini semua dapat di Rikrok Kriya Kayu,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan ingin menebarkan semangat motivasi bahwa pariwisata dan ekraf akan bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Kita akan melihat dan fasilitasi pembukaan usaha dan kita akan dorong desa wisata sebagai program unggulan dan program andalan,” tegasnya.

Pemilik Kriya Kayu RikRok, Ipung Purwanto mengatakan pariwisata menjadi pendongkrak usaha yang lainnya dan usahanya termasuk yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. “Ini untuk pembelajaran kita. Bagaimanapun kita tetap harus survive,” katanya.

By Published On: Jumat, 2 April 2021Views: 174

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!