Pacitan, 15 Juli 2024 – Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) mengapresiasi dan mendukung Festival Ronthek Pacitan yang telah terpilih menjadi salah satu event terbaik di Indonesia dalam 110 Karisma Event Nusantara.

Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin saat memberikan sambutan mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di depan Kantor Bupati Pacitan, Senin (15/7/2024), menyatakan mendukung Festival Ronthek Pacitan untuk kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara di tahun 2025 mendatang.

“Tentu kami, Badan Otorita Borobudur mendukung sepenuhnya agar Festival Ronthek Pacitan kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara di tahun-tahun mendatang,” kata Agustin.

Dirut BOB juga menjelaskan bahwa di Kabupaten Pacitan yang memiliki destinasi wisata alam berupa pantai, adanya Festival Ronthek Pacitan ini akan menjadi atraksi wisata yang menjadikan lama tinggal wisatawan meningkat.

“Kita tahu Pantai Pancer Door merupakan salah satu pantai yang sering menyelenggarakan kejuaran surfing yang diikuti oleh peselancar dalam dan luar negeri. Maka adanya festival ini, dapat menambah daya tarik Kabupaten Pacitan kepada wisatawan,” ujarnya.

Gelaran Festival Ronthek Pacitan 2024 ini diikuti sedikitnya 800 seniman lokal, nasional dan mancanegara. Tak hanya menyuguhkan tampilan musik bamboo khas Kota 1001 Gua, kemeriahan panggung juga akan dihiasi penampilan pembuka dari seniman Etno Ensemble Dharma Siswa ISI Surakarta. Ada juga Komunitas Calung Kontemporer Banyumas dan Truntung Sanggar Dhong Suntil Merbabu, Magelang.

Festival Ronthek Pacitan 2024, dibuka oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Bupati Pacitan juga menyampaikan syukur atas terselenggaranya acara ini dan menjadi bukti bahwa Festival Rontek Pacitan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan.

“Alhamdulillah kita bisa membuktikan bahwa ronthek ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan dengan masuk ke dalam Karisma Event Nusantara,” ungkap Indrata, Senin Malam. Mas Aji – sapaan akrab – Indratur Nur Bayuaji mengajak warga mengangkat derajat ronthek baik ditingkat nasional maupun internasional.(*)

By Published On: Senin, 15 Juli 2024Views: 748

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!