Tempat Wisata Pemandian Air Panas Bayanan, Air Dewa yang Menyembuhkan

Pemandian Air Panas Bayanan merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi saat akhir pekan. Ada berbagai daya tarik dari tempat pemandian tersebut segala usia, mulai dari suasana yang tenang, hingga fasilitasnya.

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan

Terletak di Desa Bayanan, Jambeyan, Sambirejo, Pemandian Air Panas Bayanan menawarkan air ajaib yang dijuluki “Air Dewa” atau “Hyang Tirto”. Konon, air ini memiliki khasiat penyembuhan luar biasa, mampu meredakan rematik, gatal-gatal, dan berbagai penyakit lainnya. Tak heran, banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang untuk merasakan sendiri keajaiban air ini.

Selain itu, Pemandian Air Panas Bayanan juga dikenal karena suasana yang tenang dan alami, menjadikannya tempat yang sempurna untuk beristirahat dan melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari. Pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang damai sambil merendam tubuh dalam air panas yang menyegarkan.

Sejarah Pemandian Air Panas Bayanan

Konon berdasarkan sejarah, umbul yang menyemburkan air dari lokasi pemandian Bayanan sempat disumbat menggunakan gong. Hal ini juga dijelaskan oleh kalangan tetua masyarakat Bayanan. Gong tersebut ditanam oleh Kyai Khasan dari Ponorogo.

Koran Belanda pada 11 Juni 1890, Bataviaasch Niewsblad pernah menerbitkan tulisan tentang air panas Bayanan. Mereka menyebutkan bahwa sumber air panas Bayanan telah ditemukan sejak beberapa dekade lalu, atau sekitar tahun 1860-1870. Periode itu pula Kyai Khasan Anom I mulai memimpin Pondok Pesantren Gebang Tinatar Tegalsari Ponorogo. Jadi, ada kemungkinan setelah membendung umbul air panas, beliau berkeliling berdakwah di daerah Bayanan sebelum kembali ke Ponorogo.

Jalur dan Tiket Masuk Pemandian Air Panas Bayanan

Untuk menuju ke Pemandian Air Panas Bayanan, wisatawan dapat mengambil rute dari Alun-Alun Sasono Langen Putro. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 33 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 kilometer. Rute yang dapat diikuti adalah dengan mengarah ke Jalan Veteran, kemudian belok kiri ke Jalan Diponegoro. Setelah itu, belok lagi ke arah Jalan RA. Kartini dan teruskan perjalanan hingga mencapai Jalan Jambeyan. Lurus terus hingga sampai di tugu Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo. Selanjutnya, belok kanan menuju jalan kecil dan terus lurus mengikuti jalur tersebut hingga akhirnya tiba di loket Pemandian Air Panas Bayanan.

Fasilitas Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas bayanan menawarkan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

  1. Kolam Air Panas

Tersedia berbagai kolam air panas dengan suhu bervariasi, mulai dari kolam anak hingga kolam dewasa.

  1. Ruang Ganti

Ruang ganti pria dan wanita tersedia di beberapa titik di area pemandian.

  1. Toilet

Toilet umum tersedia di beberapa titik di area pemandian.

  1. Warung Makan

Warung makan yang menyajikan berbagai kuliner khas Jawa Tengah.

  1. Mushola

Mushola untuk beribadah bagi pengunjung muslim.

  1. Area Parkir

Area parkis yang luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

  1. Taman

Taman yang indah dan asri untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam.

  1. Gazebo

Gazebo ini bisa untuk pengunjung bersantai dan beristirahat setelah lelah menikmati kesegaran air panas Bayanan.

  1. Penyewaan Handuk dan Sabun

Bagi penyembuh yang tidak membawa handuk dan sabun, tersedia layanan penyewaan di area pemandian.

  1. Toko Souvenir

Toko souvenir yang menjual berbagai macam cenderamata khas Pemandian Air Panas Bayanan.

Itulah sekilas tentang tempat wisata Pemandian Air Panas Bayanan. Anda bisa berkunjung langsung untuk merasakan sensasi segarnya air panas Bayanan.

By Published On: Senin, 3 Juni 2024Views: 301

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!